• Hasil Ujian Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tanjung Jabung Timur Formasi Tahun 2019 Dapat Dilihat Pada Kolom Pengumuman Website Ini   |
  • Jumlah PNS Kabupaten Tanjung Jabung Timur Pada Akhir Februari 2020 sebanyak 3.804 orang   |
04-04-2016, oleh Administrator
Pangkat April 2016 Di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung

Bupati Tanjung Jabung Timur, H. Ambo Tang, SE, sebelum berakhir masa jabatannya pada tanggal 12 April 2016, telah menandatangani Surat Keputusan Bupati tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.  Keputusan Bupati ini mulai berlaku pada tanggal 1 April

Berbicara masalah pangkat, tentunya akan berhubungan erat dengan golongan/ruang. Sehingga perlu dibedakan antara pengertian pangkat dengan golongan/ruang. Dalam hal ini, pangkat dapat diartikan sebagai suatu kedudukan yang menunjukkan tingkatan seorang Pegawai Negeri Sipil dalam susunan kepegawaian. Sedangkan golongan menunjukkan ruang gaji yang dipergunakan sebagai dasar dalam menentukan gaji pokok seorang Pegawai Negeri Sipil.

Kenaikan pangkat bukan merupakan hak pegawai, melainkan suatu bentuk penghargaan yang diberikan kepada seorang Pegawai Negeri Sipil atas prestasi kerjanya yang telah diabdikan kepada Negara Republik Indonesia. Kenaikan pangkat ini dimaksudkan agar PNS tersebut mampu meningkatkan tingkat produktivitasnya, memiliki motivasi yang lebih untuk melakukan hal-hal yang bersifat inovatif atau setidaknya tidak akan melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010. Kenaikan pangkat diberikan kepada PNS melalui :

Kenaikan pangkat reguler¹ adalah penghargaan yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah memenuhi syarat yang ditentukan tanpa terikat pada jabatan. Kenaikan pangkat ini diberikan pula kepada PNS yang sedang melaksanakan tugas belajar yang sebelumnya tidak menduduki jabatan struktural/ jabatan fungsional tertentu, dan kepada PNS yang sedang dipekerjakan atau diperbantukan secara penuh diluar instansi induk yang tidak menduduki jabatan pimpinan yang telah ditetapkan persamaan eselonnya atan jabatan fungsional tertentu.

Kenaikan pangkat reguler diberikan setingkat lebih tinggi, sepanjang tidak melampaui pangkat atasan langsungnya, dengan syarat apabila : sekurang-kurangnya telah 4 (empat) tahun dalam pangkat terakhir; dan setiap unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.

Kenaikan pangkat reguler diberikan bagi PNS sampai dengan :

No

Pendidikan

Maksimal Gol./Ruang

1

SD

Pengatur Muda (II/a)

2

SMP

Pengatur (II/c)

3

SMP Kejuruan

Pengatur Tk.I (II/d)

4

SMA, SMK, Diploma I dan II

Penata Muda Tk.I (III/b)

5

SPGLB, D.III, Sarjana Muda

Penata (III/c)

6

S.1 atau D.IV

Penata Tk.I (III/d)

7

Dokter, Apoteker, S.2

Pembina (IV/a)

8

Doktor (S.3)

Pembina Tk.I (IV/b)

Kenaikan pangkat pilihan² adalah penghargaan dan kepercayaan yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil atas prestasi kerjanya yang tinggi kepada negara. Kenaikan pangkat ini diberikan kepada PNS yang telah memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Menduduki jabatan struktural/ jabatan fungsional tertentu;
  2. Menduduki jabatan tertentu yang pengengkatannya ditetapkan dengan Keputusan Presiden;
  3. Menunjukkan prestasi kerja luar biasa baiknya;
  4. Menemukan penemuan baru yang bermanfaat bagi negara;
  5. Diangkat menjadi Pejabat Negara;
  6. Memperoleh STTB/ ijazah;
  7. Melaksanakan tugas belajar dan sebelumnya menduduki jabatan struktural atau jabatan fungsional tertentu;
  8. Telah selesai mengikuti dan lulus tugas belajar;
  9. Dipekerjakan/ diperbantukan secara penuh diluar instansi induknya yang diangkat dalam jabatan pimpinan yang telah ditetapkan persamaan eselonnya atau jabatan fungsional tertentu.

Kenaikan pangkat pilihan diberikan apabila PNS tersebut berkedudukan pada jenjang jabatan struktural, sebagai berikut :

No

Eselon

Terendah

Tertinggi

Pangkat

Gol/

Ruang

Pangkat

Gol/

Ruang

1

I.A

Pembina Utama Madya

IV/d

Pembina Utama

IV/e

2

I.B

Pembina Utama Muda

IV/c

Pembina Utama

IV/e

3

II.A

Pembina Utama Muda

IV/c

Pembina Utama Madya

IV/d

4

II.B

Pembina Tingkat I

IV/b

Pembina Utama Muda

IV/c

5

III.A

Pembina

IV/a

Pembina Tingkat I

IV/b

6

III.B

Penata Tingkat I

III/d

Pembina

IV/a

7

IV.A

Penata

III/c

Penata Tingkat I

III/d

8

IV.B

Penata Muda Tingkat I

III/b

Penata

III/c

9

V

Penata Muda

III/a

Penata Muda Tingkat I

III/a

Untuk PNS yang menduduki jabatan struktural dan pangkatnya telah mencapai jenjang pangkat terendah untuk jabatannya,maka dapatdipertimbangkan kenaikan pangkatnya apabila sekurang-kurangnya telah 4 (empat) tahun dalam pangkat terakhir dan Penilaian Kinerja PNS bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.

Sedangkan untuk PNS yang menduduki jabatanstruktural dan pangkatnya masih satu tingkat di bawah jenjang pangkat terendah yang ditentukan untuk jabatan itu, maka dapat dipertimbangkan kenaikan pangkatnya setingkat lebih tinggi, apabila :

  1. Telah 1 (satu) tahun dalam pangkat terakhir;
  2. Sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun dalam jabatanstruktural yang didudukinya. Yang dimaksud dengan 1 (satu) tahun dalam jabatan yang didudukinya, yaitu sejak dilantik dalam jabatan yang definitif dan bersifat kumulatif tetap, tidak terputus dalam tingkat jabatan struktural yang sama;dan
  3. Penilaian Kinerja PNS sekurang-kurangnya bernilai baik 2 (dua) tahun terkhir.

Kenaikan pangkat lainnya³, diberikan kepada :

  1. PNS yang dinyatakan tewas (anumerta);
  2. PNS yang mencapai BUP dan akan diberhentikan dengan hormat dengan hak pensiun (pengabdian);
  3. Meninggal dunia; dan
  4. Cacat karena dinas.

Dalam kenaikan pangkat PNS diatur pula dengan ujian dinas, PNS yang berpangkat Pengatur Tingkat I Golongan ruang (II/d) dan Penata Tingkat I Golongan ruang (III/d), yang akan naik pangkat wajib lulus ujian dinas yaitu :

  1. Tingkat I, untuk kenaikan pangkat dari golongan ruang II/d menjadi golongan ruang III/a; dan
  2. Tingkat II, untuk kenaikan pangkat dari golongan ruang III/d menjadi golongan ruang IV/a.

Seorang PNSdikecualikan dari Ujian Dinas, apabila :

  1. Akan diberikan kenaikan pangkat prestasi kerja luar biasa baiknya;
  2. Akan diberikan kenaikan pangkat penemuan baru yang bermanfaat bagi negara;
  3. Diberikan kenaikan pangkat pengabdian karena :

          a. meninggal dunia;

          b. mencapai batas usia pensiun;

          c. dinyatakan cacat dinas dan tidak dapat bekerja lagi dalam semua jabatan negeri.

      4. Telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan sebagai berikut :

          a. Sepada/Adum/Sepala/Diklatpim Tingkat IV untuk ujian dinas Tingkat I;

          b. Sepadya/Spama/Diklatpim Tingkat III untuk ujian dinas Tingkat II

  1. Telah memperoleh :

         a. Ijazah Sarjana (S1) atau Diploma IV ujian dinas Tingkat I;

         b. Ijazah Dokter, Ijazah Apoteker, Magister (S2) dan Ijazah lain yang setara atau Doktor(S3), untuk ujian dinas

            Tingkat I atau ujian dinas  Tingkat II.

Masa penetapan kenaikan pangkat dalam setiap tahunnya dilakukan dalam 2 (dua) periode, yaitu Periode April dan Periode Oktober.

Untuk kenaikan pangkat PNS Periode April 2016 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang telah mendapatkan persetujuan teknis oleh Badan Kepegawaian Negara sejumlah ...... dari usulan yang disampaikan sejumlah..... (Sumber : Kasubbid Pengangkatan dan Kepangkatan BKD Kab. Tanjab Timur).

Sebagaimana yang telah dikemukakan pada alinea awal tadi, bahwa kenaikan pangkat PNS Periode April 2016 yang telah ditetapkan oleh Bupati Tanjung Jabung Timur adalah kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil yang menduduki jabatan struktural, jabatan fungsional umum, jabatan penyuluh, dan jabatan fungsional tenaga kesehatan. Dan informasi yang didapatkan Penulis dari Kepala BKD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, melalui Kabid Mutasi, bahwa Surat Keputusan tersebut telah dapat diambil mulai tanggal .... April 2016 di Bidang Mutasi BKD Tanjung Jabung Timur, selama jam kerja.

Sedangkan untuk usulan kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil yang menduduki jabatan fungsional tenaga guru, secara keseluruhan prosesnya belum tuntas, karena ada beberapa usulan kenaikan pangkat PNS guru yang belum mendapatkan penetapan persetujuan teknis Kepala Badan Kepegawaian Negara. Demikian pula untuk usulan kenaikan pangkat PNS ke Golongan IV/a dan IV/b, yang ditetapkan oleh Gubernur Jambi, dan untuk usulan kenaikan pangkat PNS ke Golongan IV/c, yang ditetapkan oleh Presiden setelah mendapatkan persetujuan teknis dari Kepala Badan Kepegawaian Negara, sampai dengan artikel ini ditulis, kesemuanya sedang dalam proses, nantinya akan diberikan informasi lebih lanjut oleh penulis, jika telah ada penetapan surat keputusannya.

Sumber : PP Nomor 12 Tahun 2002 dan PP Nomor 13 Tahun 2002. ditulis kembali oleh Aria Ika Nuryana, S.STP ( Kasubbid Mutasi & Promosi)