• Hasil Ujian Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tanjung Jabung Timur Formasi Tahun 2019 Dapat Dilihat Pada Kolom Pengumuman Website Ini   |
  • Jumlah PNS Kabupaten Tanjung Jabung Timur Pada Akhir Februari 2020 sebanyak 3.804 orang   |
14-02-2017, oleh Administrator
Memilih PNS Teladan Tahun 2016

Muara Sabak, Sebanyak 69 PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengikuti tes seleksi PNS Teladan yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Latar belakang pelaksanaan kegiatan tersebut adalah dalam rangka meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara khususnya dalam rangka pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.         

Dasar pelaksanaannya mengacu pada Undang- undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi dan profesionalisme PNS dalam melaksanakan tugas, persaingan yang sehat melalui pemberian penghargaan dan membangun etos kerja dalam rangka peningkatan pelayanan tugas.

Seleksi diikuti oleh 66 orang peserta yang merupakan usulan dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Waktu pelaksanaan tes tertulis dari tanggal 8 Agustus sampai dengan tanggal 31 Agustus 2016 dan tes wawancara dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2016. Materi yang diujikan dalam tes tertulis maupun wawancara meliputi pengetahuan umum dan Peraturan Kepegawaian. Unsur Yang dinilai berupa sikap perilaku, kemampuan, dan pengetahuan.

Kegiatan tersebut sesuai dengan surat dari Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dimana setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus mengusulkan PNS Teladan yang ada di Instansinya untuk kemudian akan diseleksi dan dipilih dalam 4 kategori yakni : Fungsional Guru, Kesehatan, Penyuluh dan Teknis.

Ada tiga tahapan dalam seleksi PNS Teladan yakni : seleksi administrasi, seleksi tertulis dan wawancara. Dari seleksi administrasi dan seleksi tertulis tersebut dipilih 10 orang dengan hasil terbaik untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu wawancara yang dilakukan oleh Tim yang diketuai oleh Sekretaris Daerah dan beranggotakan Asisten Administrasi Umum, Inspektur dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penilai dari PNS Teladan ini adalah Knowledge (Pengetahuan) dan attitude (sikap atau perilaku), kedisiplinan, dan penguasaan Tupoksi. Dari seleksi wawancara ini akan dipilih 4 orang

Proses seleksi pemilihan PNS Teladan dan yang dinilai berprestasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur berlangsung sangat ketat, dari jumlah 69 peserta PNS Teladan yang diutus oleh masing – masing SKPD untuk mengikuti kegiatan ini hanya tersisa 10 orang peserta untuk mengikuti wawancara. Proses seleksi ini akan berlangsung hingga menyisakan 4 besar peserta yang dinilai paling terbaik, dimana nantinya 4 orang tersebut akan mendapatkan penghargaan dari Pemerintah berupa piagam penghargaan dan uang kehormatan sebesar Rp. 5.000.000

Dengan adanya kegiatan pemilihan PNS Teladan ini dapat memotivasi seluruh PNS untuk lebih memaksimalkan lagi aktivitas, kreatifitas dan kinerjanya, melalui pemilihan PNS Teladan ini tercipta kompetisiyang sehat antara Pegawai Negeri Sipil dalam rangka mencapai prestasi yang maksimal karena PNS sebagai Aparatur penggerak roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan harus memiliki kemampuan dan wawasan yang memadai yang dibarengi dengan sikap disiplin, semangat, komitmen dan dedikasi yang tinggi.

 

Oleh : Ngadinah, SH Kasubbid Statius Hukum dan Penghargaan