• Hasil Ujian Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tanjung Jabung Timur Formasi Tahun 2019 Dapat Dilihat Pada Kolom Pengumuman Website Ini   |
  • Jumlah PNS Kabupaten Tanjung Jabung Timur Pada Akhir Februari 2020 sebanyak 3.804 orang   |
19-10-2015, oleh Administrator
Mengapa e-PUPNS

Dengan kesadaran akan kebutuhan data kepegawaian yang tepat guna menjawab keperluan reformasi birokrasi sebagaimana tuntutan UU ASN Nomor 5 Tahun 2014 dibutuhkan aksi untuk melahirkan kebijakan dalam melakukan pembaharuan data mengingat pendataan PNS yang ada belum bekerja secara maksimal.

Pemahaman itu pula yang menunjang lahirnya e-PUPNS sebagai sarana untuk mengoptimalkan pemutakhiran data kepegawaian berbasis elektronik. Diperlukan komitmen seluruh jajaran Pegawai ASN untuk bertanggungjawab terhadap pembaharuan data kepegawaiannya masing-masing.

Mengingat sebagian PNS memilki persepsi bahwa keakuratan data pegawai merupakan tanggung jawab Biro Kepegawaian/BKD di instansinya.

Melalui pendataan ulang PNS secara elektronik (e-PUPNS), Badan Kepegawaian Negara (BKN) berupaya mengubah persepsi tersebut.

"Kemutakhiran dan keakurasian data merupakan tanggung jawab penuh masing-masing pegawai," tandas Kepala BKN Bima Haria Wibisana tatkala Launching e-PUPNS di Aula BKN Pusat Jakarta, Selasa (1/9).

Bima Haria Wibisana lebih lanjut mengutarakan bahwa e-PUPNS juga merupakan sarana strategis untuk menelusurui data kompetensi yang dimilki pegawai sesuai amanah UU ASN yang mengubah paradigma manajemen administrasi kepegawaian menjadi manajemen SDM. " Data kompetensi ini amat dibutuhkan guna menyelenggarakan Manajemen ASN secara komprehensif tuturnya.

Pemutahiran data kepegawaian selain berdampak pada kelengkapan informasi , juga membantu berjalannya sistem pelayanan kepegawaian lainnya. Misalnya dalam sistem kepangakatan, ketika melakukan konversi pangkat lama ke pangkat baru dibutuhkan data yang akurat. Untuk itu, e-PUPNS agaknya dijadikan media kelengkapan informasi yang membantu berjalannya proses pelayanan kepegawaian yang berkualitas. Diharapkan kerja sama yang baik dari seluruh elemen instansi pemerintah untuk bersedia mengalokasikan waktu dan ruang  serta turut mensosialisasikan  e-PUPNs yang resmi dilakukan sejak 1 September  hingga 31 Desember 2015 mendatang. aman/desi

Sumber : Buletin BKN Edisi XXXII-2015 Hal : 4