• Hasil Ujian Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tanjung Jabung Timur Formasi Tahun 2019 Dapat Dilihat Pada Kolom Pengumuman Website Ini   |
  • Jumlah PNS Kabupaten Tanjung Jabung Timur Pada Akhir Februari 2020 sebanyak 3.804 orang   |
01-02-2016, oleh Administrator
e-PUPNS, Langkah Awal Pengkonversian Data

Proses rekrutmen CPNS saat ini telah menggunakan sistem komputerisasi melalui Computer Assisted Test, sehingga tidak lagi melalui proses manual yang lebih banyak resikonya. Dengan pemanfaatan teknologi ini diharapakan memberikan rasa keprcayaaan, kepuasan dan transparansi sekaligus menghilangkan anggapan miring ataupun ketidakpercayaan, kepuasan dan transparansi sekaligus menghilangkan anggapan miring ataupun ketidakpercayaan masyarakat terkait  proses rekrutmen CPNS. Bagi BKN, proses rekrutment CPNS yang objektif dan transparan ini bukan menjadi titik final kinerja dan kepuasan instansi. Program panjang untuk menghasilkan dan mengelola manajemen PNS yang profesional dan akuntabel akan terus dilakukan.Hal ini ditindaklanjuti dengan tahapan berikutnya yakni proses mutasi, promosi, rotasi yang juga dilakukan dengan sistem komputerisasi. Sehingga diharapakan dalam proses kenaikan pangkat sebelum periode April dan Oktober, dan juga proses penetapan keputusan pensiun pada tahun 2016 dapat diterima Pegawai ASN ataupun calon pensiunan ASN secepat mungkin. Hal tersebut disampaikan kepala BKN Bima Haria Wibisana saat memberi pemaparan dengan tema Manajemen PNS dan e-PUPNS pada acara Sosialisasi Kebijakan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Objektif dan Terbuka serta Peranan KASN Sebagai Pengawas Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN Wilayah Kalimantan Utara di Banjarmasin, Selasa (22/09/2015).

Kepala BKN juga menjelaskan bahwa  penggunaan sistem aplikasi akan memberikan banyak kemudahan yang dapat digunakan juga pada sistem penggajian termasuk di dalamnya adalah sistem Grade dan Step yang menentukan berapa pendataan dan dimana posisi jabatannya yang akan mengambil alih sistem kepangkatan. Pengkonversian sistem yang lama menuju sistem yang baru ini akan dilakukan mulai 1 Januari 2016 apabila Peraturan Pemerintah (PP) terkait halt ini telah ditetapkan.

Untuk menuju konversi Grade dan Step tersebut, diperlukan adanya data yang akurat yang tidak hanya memastikan data-data kepegawaian semata, akan tetapi juga meliputi data kompetensi dan kesejahteraannya, termasuk data keluarga yang bersangkutan. Untuk memastikan data-data itu akurat BKN melakukan pendataan ulang secara elektronik. Data-data ini juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi deng cepat berkaitan dengan ijazah palsu. Data-data yang akurat ini diharapakan dapat mengantisipasi munculnya kerugian keuangan negara.

Kepala BKN menjelaskan bahwa untuk melandasi pengumpulan data tersebut, BKN mengeluarkan Peraturan Kepala (Perka) BKN No. 19 Tahun 2015 tentang pedoman Pendataan Ulang PNS Tahun 2015 Secara Elektornik dan juga Surat Edaran Kepala BKN Nomor K. 26-30/V77 -4/99 tanggal 27 Juli 2015 Tentang Implementasi  e-PUPNS 2015.

PUPNS dilaksanakan mulai 1 September hingga 31 Desember 2015 yang dilaksanakan secara elektornik. Meskipun demikian, BKN tetap menyediakan formulir bagi daerah-daerah yang masih terbatas untuk mengakses internet. "Ke depan, Negara kita memasuki era digital, dan langkah ini adalah salah satu upaya untuk mengatasi kekurangan dalam hal sistem teknologi informasi, "tutup Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

 

Sumber : Buletin BKN Edisi XXXIII-2015 Hal : 18