• Hasil Ujian Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tanjung Jabung Timur Formasi Tahun 2019 Dapat Dilihat Pada Kolom Pengumuman Website Ini   |
  • Jumlah PNS Kabupaten Tanjung Jabung Timur Pada Akhir Februari 2020 sebanyak 3.804 orang   |
25-04-2016, oleh Administrator
Menimba Ilmu di Bumi Gogo Rancah Pada Kegiatan Tinjauan Lapangan Pembekalan Masa Persiapan Pensiun Tahun 2016.

Muara Sabak, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanjung Jabung TImur kembali melaksanankan kegiatan Pembekalan Masa Persiapan Pensiun tahun 2016 ini. Kegiatan lapangan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang dilakukan oleh peserta pembekalan masa persiapan pensiun. Peserta melaksanakan kegiatan inclass yang dilaksanakan pada tanggal 7 April 2016 di Muara Sabak. Pada kegiatan kelas ini narasumber yang memberikan materi dari bank Bukopin dan PT Taspen. Setelah memperoleh materi dari kedua institusi tersebut, peserta diajak untuk melaksanakan tinjauan lapangan dan daerah yang menjadi destinasi oleh panitia adalah pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Jadwal keberangkatan dilaksanakan hari Senin, 11 April 2016 pukul 07.45 dari bandara Sultan Thaha Saipudin Jambi dengan menggunakan maskapai nasional dan akan melakukan transit di Bandara Soekarno Hatta di Jakarta ± 1 jam dan selanjutnya akan menuju ke Praya di Lombok. Perjalanan ke Lombok ditempuh ± 1 jam 39 menit. Tepat pukul 13.30 WITA rombongan mendarat dan langsung menuju ke hotel.  Setelah beristirah sejenak sambil menunggu pembagian kamar peserta dikumpulkan di lobi hotel dengan jamuan minuman segar dari pihak hotel dan ± 30 menit proses tersebut, seluruh peserta sudah dapat beristirahat dikamarnya masing-masing. Setelah makan malam panitia memberikan sesi yang diisi oleh motivator yang memberikan materi kepada peserta dengan tujuan agar peserta termotivasi melaksanakan kegiatan yang positif setelah memasuki masa pensiun nanti. Materi yang dipaparkan berisi antara lain mengatasi Post Power Syndrom yang merupakan efek psikologis bagi para pekerja kantoran jika telah tidak lagi aktif bekerja atau telah pensiun nanti.

Kegiatan tinjauan lapangan dilaksanakan dalam 2 hari yaitu pada tanggal 12 s/d 13 April 2016, dan tempat yang akan dikunjungi yaitu kelompok tani ternak sapi dan pembudidayaan buah naga. Pulau Lombok dipilih karena sektor peternakan dan pertanian yang ada disini merupakan salah satu sektor terbaik yang ada di Indonesia. Lombok merupakan daerah agraris yang subur, makanya daerah ini sering juga disebut sebagai Bumi Gogo Rancah. Selain sektor pertanian dan peternakan sektor yang memberikan kontribusi pendapatan daerah yaitu sektor pariwisata, lanscape yang bergunung dan pantai yang indah menjadikan daerah ini menjadi destinasi wisata yang paling banyak diminati oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional. Gunung Rinjani yang berdiri kokoh menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki, pantai yang indah juga memberikan pesona yang selalu memanjakan mata dan laut yang bersih serta taman laut juga memberikan pemandangan yang setiap orang akan takjub melihat kebesaran Allah di pulau ini.

Kunjungan ke peternakan sapi dilaksanakan pada tanggal 12 April 2016, kelompok ternak sapi yang dikunjungi bernama Nusa Indah yang diketua oleh Pak Sahri. Ketika sampai ke lokasi peternakan peserta langsung disambut oleh ketua kelompok tani dan langsung menuju gedung pertemuan. Selanjutnya peserta mendengarkan paparan oleh ketua kelompok tani tentang ternak sapi. Sapi-sapi yang dipelihara oleh kelompok tani Nusa Indah merupakan jenis sapi Bali (Bos Sondaicus). Sesi tanya jawab juga dilakukan oleh para peserta dengan pengurus kelompok tani dan antusias peserta tentang ternak sapi cukup tinggi. Setelah sesi tanya jawab peserta selanjutnya diajak oleh pengurus kelompok tani melihat-lihat disekitar peternakan dan kunjungan ke peternakan sapi ini diakhir dengan foto bersama.

Selanjutnya rombongan langsung menuju ke desa Sade, kecamatan rambitan lombok tengah yang merupakan desa eksklusif bagi suku sasak yang merupakan penduduk asli pulau lombok, setelah kunjungan ke desa Sade, rombongan diajak menuju ke rumah tenun yang merupakan UKM yang dikelola oleh pemerintah kabupaten. Dan hari pertama kunjungan lapangan ini berakhir pukul 19.00 WITA.

Kegiatan hari ketiga dipulau lombok peserta kembali melakukan kunjungan lapangan yaitu menuju ke salah satu perkebunan buah naga yang berada di Desa Jeranjang Kecamatan Mantang. Perkebunan ini merupakan milik mantan bupati lombok tengah yang bernama H. Lalungoh Periode 2005 s/d 2010 yang memiliki luas ± 5 ha yang ditanami buah naga sebanyak 2000 batang. Selain buah naga di perkebunan ini juga ditanami buah-buah seperti durian, manggis dan jagung, dan seperti biasa sesi tanya jawab antara pemilik kebun dengan peserta merupakan moment yang paling ramai karena peserta yang mengikuti masa persiapan pensiun ini sangat antusias sekali.

Hari ke empat di pulau lombok peserta diajak untuk menikmati rekreasi ke salah satu pulau imut yang ada dipulau Lombok, pulau terserbut dipilih untuk menyegarkan kembali pikiran para peserta yang telah begitu banyak kegiatan pembelajaran dilapangan. Pulau yang menjadi destinasi rekreasi bagi peserta yaitu Gili trawangan yang berada di sisi barat pulau lombok. Disisi Barat pulau Lombok ini ada 3 pulau kecil yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air (Gili = Pulau).

Akhirnya pada tanggal 15 April 2016, rombongan bersiap untuk kembali lagi ke Jambi. Tepat pukul 12.40 WITA Pesawat take off menuju ke Bandara Soekarno Hatta dan selanjutnya akan transit kemudian melanjutkan penerbangan ke Jambi. Mudah-mudahan apa yang telah Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur perbuat dalam upaya memberikan wawasan kepada para PNS yang akan memasuki masa pensiun bermanfaat dan menambah nilai positip. Selain itu juga kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Tanjung Jabung Timur terhadap para PNS yang akan memasuki masa pensiun dan para peserta juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kegiatan ini kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Oleh : Mhd. Karzioni