• Hasil Ujian Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tanjung Jabung Timur Formasi Tahun 2019 Dapat Dilihat Pada Kolom Pengumuman Website Ini   |
  • Jumlah PNS Kabupaten Tanjung Jabung Timur Pada Akhir Februari 2020 sebanyak 3.804 orang   |
17-05-2016, oleh Administrator
Pengangkatan Calon PNS Menjadi PNS

Muara Sabak, Di tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur kembali mengangkat sejumlah 129 (seratus dua puluh sembilan) orang calon PNS menjadi PNS dari formasi tenaga honorer kategori II dan 6 (enam) orang dari formasi khusus tenaga dokter.

Seorang pegawai yang baru diangkat, baik di dalam lingkungan lembaga Pemerintahan maupun Swasta, mempunyai status pegawai percobaan. Jika di lingkungan lembaga Pemerintahan, pegawai dengan status percobaan ini dikenal dengan istilah calon PNS dengan gaji 80% dari gaji pokok. Dan masa percobaan ini dilaksanakan selama 1 (satu) tahun. Dalam masa percobaan ini, lembaga Pemerintahan wajib memberikan pendidikan dan pelatihan kepada calon PNS.

Selanjutnya setelah 1 (satu) tahun, apabila calon PNS tersebut dinyatakan telah lulus mengikuti pendidikan dan pelatihan, serta sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Tim Penguji yang ditunjuk oleh Menteri Kesehatan, dapat diangkat menjadi PNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Selanjutnya calon PNS yang tidak memenuhi ketentuan tersebut, diberhentikan sebagai calon PNS.

Pegawai dengan status pecobaan secara yuridis mempunyai kedudukan yang sangat lemah di dalam suatu lembaga. Apabila melakukan kesalahan, hubungan kerjanya dengan mudah diputuskan tanpa syarat. Namun apabila dalam masa percobaan yang telah ditentukan tersebut, hasil pekerjaannya dinilai baik, maka masa percobaan tersebut akan dihitung sebagai masa kerja.

 

Oleh : Arya Ika Nuryana