• Hasil Ujian Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tanjung Jabung Timur Formasi Tahun 2019 Dapat Dilihat Pada Kolom Pengumuman Website Ini   |
  • Jumlah PNS Kabupaten Tanjung Jabung Timur Pada Akhir Februari 2020 sebanyak 3.804 orang   |
24-05-2016, oleh Administrator
Sekretaris Daerah Membuka Secara Resmi Diklat Teknis Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual

Muara Sabak, Pelaksanaan Diklat Teknis Standar Akuntasi Pemerintaan Berbasis Akrual yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur bertujuan, sebagaiamana laporan yang disampaikan oleh Kepala BKD Drs. Pertadi Kusuma, MH adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan bagi pejabat penatausahaan keuangan dalam melaksanakan fungsi akuntansi sejak analisis transaksi hingga penyusunan laporan keuangan pemerintahan daerah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diklat ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai tanggal 23 s/d 27 Mei 2016 dengan 50 Jam Pelajaran, diikuti sebanyak 46  peserta yang dikhususkan bagi pejabat penatausahaan keuangan seluruh SKPD se Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pemateri pada Diklat Standar Akuntasi Pemerintahan Berbasis Akrual ini adalah tenaga ahli yang berkompeten dari Pusat Kajian Keuangan Publik (PKKP) Jakarta.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah H. Sudirman, SH., MH menyampaikan bagaimana masih dominannya peran birokrasi di negara berkembang dalam penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut aspek kelembagaan, ketatalaksanan dan sumber daya manusia aparatur termasuk tata pengeloaan keuangan negara. Salah satu terobosan penting agar tata kelola keuangan dapat berjalan dengan bersih, transparansi dan akuntabel, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 63 Tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada Pemerintah Daerah. Menindaklanjuti Permendagri Nomor 63 Tahun 2013 tersebut Pemkab Tanjung Jabung Timur secara bertahap telah menjalankan sistem Akuntansi Berbasis Akrual. Peran SDM yang memadai dan memliki kualitas menjadi salah satu kunci didalam mewujudkan fungsi akuntansi sejak analisis transaksi hingga pelaporan dan diklat ini menjadi penting dan strategis. Selanjutnya Sekretaris Daerah juga menyampaikan agar peserta dapat mengikuti Diklat dengan baik dan seksama sehingga dapat bermanfaat dan dapat membuka wawasan dan pada akhirnya dapat diaplikasikan di lingkungan kerja masing-masing sehingga visi misi Kabupaten Tanjung Jabung Timur yaitu Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat “Merakyat“ dapat terlaksana.

 Oleh : Mhd. Karzioni